Rabu, 19 November 2014

Laporan CB-TFI PAUD - Dennis Samuel

Data Diri

Nama   : Dennis Samuel
NIM      : 1801373952
Kelas    : LB04

Garis Besar Kegiatan

Pada hari Senin, 3 November hingga Rabu, 5 November 2014, saya bersama teman-teman sekelompok saya (gabungan kelompok 6 dan 7 kelas CB LB04) mengajar murid-murid PAUD Bugenville 3 di daerah Kedoya Selatan. Setiap harinya dibagi menjadi shift pagi dan siang, dan pada setiap shift terdapat 2 kelas. Satu kelas untuk anak-anak yang baru mulai belajar di PAUD, sedangkan satu kelas lainnya untuk anak-anak yang mempersiapkan diri untuk masuk ke Sekolah Dasar.

Dengan demikian setiap harinya terdapat 4 pertemuan, dan setiap anggota kelompok kami mendapat tugas mengajar pada 4 pertemuan. Saya sendiri mendapat tugas mengajar 2 pertemuan di hari Senin dan 2 pertemuan lainnya di hari Rabu.

Pertemuan 1

Pada hari Senin, 3 November 2014 saya datang ke PAUD Bugenville 3 bersama 4 teman saya yang pada hari itu juga bertugas, yaitu Moses, Ricky, Marcel, dan Anderson. Pada saat kami datang ternyata anak-anak sedang melakukan upacara yang dipimpin oleh salah satu guru pembimbing. Selagi meunggu kami berkenalan dengan kepala PAUD dan beberapa guru lain, lalu membagi tugas mengajar. Untuk pertemuan saya yang pertama, yaitu pada shift pagi, saya mengajar kelas anak-anak yang baru mulai belajar di PAUD bersama dengan Marcel. Ricky dan Anderson mengajar di kelas satunya, sedangkan Moses bertugas mengambil gambar dan membantu kedua kelas jika dibutuhkan.

Kegiatan upacara Senin
Ruang kelas PAUD Bugenville 3

Seusai upacara, anak-anak masuk sambil menyalami kami dan guru pembimbing. Kelas pun diawali dengan doa dan nyanyian bersama yang dipimpin oleh oleh guru pembimbing. Setelah diperkenalkan oleh guru pembimbing, kami pun mulai mengajar anak-anak di kelas tersebut. Karena anak-anak tersebut baru mulai belajar, kami mencoba mengajarkan huruf vokal, a e i o u. Namun ternyata anak-anak tersebut masih canggung dengan kami, sehingga akhirnya kami membagi menjadi kelompok-kelompok kecil, masing-masing didampingi oleh saya, Marcel, dan Moses.

Perkenalan oleh guru pembimbing
Kegiatan pertemuan pertama

Setengah jam terakhir merupakan waktu istirahat, dan setelah istirahat anak-anak dipersiapkan untuk pulang. Kembali diadakan doa dan nyanyian bersama yang dipimpin oleh guru pembimbing. Kami memberikan gambar untuk diwarnai oleh anak-anak tersebut di rumah. Setelah itu mereka pun satu-persatu memberi salam  kepada kami dan guru pembimbing, lalu pulang.

Pertemuan 2

Pertemuan kedua saya dilakukan pada hari yang sama dengan pertemuan pertama, hanya saja di kelas siang. Pembagian kelas dan tugas pun masih sama dengan pertemuan pertama: saya dan Marcel mengajar kelas anak-anak yang baru mulai belajar di PAUD.

Seperti kelas shift pagi, kegiatan dimulai dengan doa dan nyanyian yang dipimpin oleh guru pendamping. Jumlah anak-anak pada shift siang ternyata lebih sedikit dari shift pagi, dan mereka cenderung lebih berani untuk berkomunikasi dengan kami. Melihat hal itu, kami tidak membagi menjadi kelompok kecil seperti pada kelas pagi. Materi yang kami sampaikan hampir sama, namun ternyata anak-anak kelas ini sudah lebih memahami alfabet, dan bahkan bisa menuliskan nama mereka masing-masing di papan tulis. Namun ternyata mereka belum bisa benar-benar membaca, mereka hanya menghafal tulisan nama mereka dan belum bisa membaca suku kata. Kami pun mengajari mereka ba be bi bo bu, dan suku kata lainnya. Selain itu kami juga mengajar kan angka dari 1 hingga 20, dan ternyata anak-anak sudah cukup memahami materi tersebut.

Murid-murid kelas siang
Salah satu murid maju untuk menulis angka

Kegiatan pada saat pulang juga sama dengan kelas pagi. Diawali dengan doa dan nyanyian pulang yang dipimpin oleh guru pembimbing, kami membarikan tugas mewarnai yang sama seperti kelas pagi. Namun sebelum pulang, anak-anak kami berikan pertanyaan, misalnya membaca atau menulis huruf atau angka. Satu-persatu anak-anak menjawab pertanyaan yang diberikan lalu memberi salam kepada kami dan guru pembimbing, lalu pulang.

Pertemuan 3 dan 4

Pada hari Rabu, 5 November 2014, saya mengajar di pertemuan saya yang ke 3 dan 4. Pada hari ini semua anggota kelompok bertugas hadir, karena semua kelas dari shift pagi dan siang digabung menjadi satu kelas besar. Kegiatan juga dilakukan dalam rangka perpisahan kami dengan anak-anak PAUD dan juga guru pembimbing, karena hari itu hari terakhir kami mengajar disana.

Seperti biasa kelas dimulai dengan doa dan nyanyian yang dipimpin oleh para guru pembimbing. Setelah itu kami melanjutkan juga dengan menyanyikan beberapa lagu. Seusai bernyanyi, kami melakukan kegiatan melipat kertas origami menjadi bentuk angsa, yang dipimpin oleh Moses. Saya, Ricky, Marcel, Anderson, dan Wildan bertugas untuk membantu anak-anak mengikuti arahan dari Moses. Selagi kami melakukan kegiatan melipat di dalam kelas, Rudy, Nedy, dan Hansen mempersiapkan balon-balon yang akan kami berikan di akhir acara. Saya dan anggota lain yang bertugas mengajar origami pun ikut membantu mempersiapkan balon pada saat anak-anak istirahat.

Kegiatan origami
Persiapan balon

Seusai istirahat, kegiatan kembali dipimpin oleh guru pembimbing karena belum semua balon siap diberikan. Ketika semua balon selesai dipersiapkan, kami pun masuk ke dalam kelas dan membagikan balon-balon tersebut kepada anak-anak. Setelah itu kami bersama-sama menyanyikan lagu balonku dengan memegang balon-balon tersebut. Setelah menyanyi, beberapa balon ternyata benar-benar pecah, untungnya tidak ada anak yang menangis karena balonnya pecah.

Pembagian balon
Sebelum foto bersama
Setelah membari balon yang baru kepada anak yang balonnya pecah, kami berkumpul dan berfoto bersama anak-anak dan semua guru pembimbing sambil memegang balon kami masing-masing. Meskipun ruangan agak panas, suasana pada saat kami berfoto bersama terasa menyenangkan. Setelah berfoto, kami mengucapkan ucapan terima kasih kepada anak-anak dan guru pembimbing di PAUD Bugenville 3. Anak-anak pun pulang, dan kami berfoto kembali bersama para guru PAUD Bugenville 3 di teras PAUD. 

Foto bersama anak-anak dan guru-guru PAUD Bugenville 3
Foto bersama guru-guru PAUD Bugenville 3

 

Harapan

Demikian pengalaman saya mengajar di PAUD Bugenville 3 bersama kelompok saya. Saya sangat berterima kasih kepada  guru-guru PAUD Bugenville 3 yang menerima kami dengan hangat dan membantu dalam proses kami mengajar selama 3 hari tersebut. Saya berharap PAUD Bugenville 3 dapat semakin berkembang, dan terus mengajar anak-anak agar berkembang menjadi manusia-manusia yang dapat membanggakan bangsa di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar