Data Diri
Nama : Dennis Samuel
NIM : 1801373952
Kelas : LB04
Garis Besar Kegiatan
Pada hari Senin, 3
November hingga Rabu, 5 November 2014, saya bersama teman-teman sekelompok saya
(gabungan kelompok 6 dan 7 kelas CB LB04) mengajar murid-murid PAUD Bugenville
3 di daerah Kedoya Selatan. Setiap harinya dibagi menjadi shift pagi dan siang,
dan pada setiap shift terdapat 2 kelas. Satu kelas untuk anak-anak yang baru
mulai belajar di PAUD, sedangkan satu kelas lainnya untuk anak-anak yang
mempersiapkan diri untuk masuk ke Sekolah Dasar.
Dengan demikian setiap
harinya terdapat 4 pertemuan, dan setiap anggota kelompok kami mendapat tugas
mengajar pada 4 pertemuan. Saya sendiri mendapat tugas mengajar 2 pertemuan di
hari Senin dan 2 pertemuan lainnya di hari Rabu.
Pertemuan 1
Pada hari Senin, 3
November 2014 saya datang ke PAUD Bugenville 3 bersama 4 teman saya yang pada
hari itu juga bertugas, yaitu Moses, Ricky, Marcel, dan Anderson. Pada saat
kami datang ternyata anak-anak sedang melakukan upacara yang dipimpin oleh
salah satu guru pembimbing. Selagi meunggu kami berkenalan dengan kepala PAUD
dan beberapa guru lain, lalu membagi tugas mengajar. Untuk pertemuan saya yang
pertama, yaitu pada shift pagi, saya mengajar kelas anak-anak yang baru mulai
belajar di PAUD bersama dengan Marcel. Ricky dan Anderson mengajar di kelas
satunya, sedangkan Moses bertugas mengambil gambar dan membantu kedua kelas
jika dibutuhkan.
Kegiatan upacara Senin |
Ruang kelas PAUD Bugenville 3 |
Seusai upacara, anak-anak
masuk sambil menyalami kami dan guru pembimbing. Kelas pun diawali dengan doa
dan nyanyian bersama yang dipimpin oleh oleh guru pembimbing. Setelah diperkenalkan
oleh guru pembimbing, kami pun mulai mengajar anak-anak di kelas tersebut.
Karena anak-anak tersebut baru mulai belajar, kami mencoba mengajarkan huruf
vokal, a e i o u. Namun ternyata anak-anak tersebut masih canggung dengan kami,
sehingga akhirnya kami membagi menjadi kelompok-kelompok kecil, masing-masing
didampingi oleh saya, Marcel, dan Moses.
Perkenalan oleh guru pembimbing |
Kegiatan pertemuan pertama |
Setengah jam terakhir
merupakan waktu istirahat, dan setelah istirahat anak-anak dipersiapkan untuk pulang.
Kembali diadakan doa dan nyanyian bersama yang dipimpin oleh guru pembimbing. Kami
memberikan gambar untuk diwarnai oleh anak-anak tersebut di rumah. Setelah itu mereka
pun satu-persatu memberi salam kepada
kami dan guru pembimbing, lalu pulang.
Pertemuan 2
Pertemuan kedua saya
dilakukan pada hari yang sama dengan pertemuan pertama, hanya saja di kelas
siang. Pembagian kelas dan tugas pun masih sama dengan pertemuan pertama: saya
dan Marcel mengajar kelas anak-anak yang baru mulai belajar di PAUD.
Seperti kelas shift
pagi, kegiatan dimulai dengan doa dan nyanyian yang dipimpin oleh guru
pendamping. Jumlah anak-anak pada shift siang ternyata lebih sedikit dari shift
pagi, dan mereka cenderung lebih berani untuk berkomunikasi dengan kami.
Melihat hal itu, kami tidak membagi menjadi kelompok kecil seperti pada kelas
pagi. Materi yang kami sampaikan hampir sama, namun ternyata anak-anak kelas ini
sudah lebih memahami alfabet, dan bahkan bisa menuliskan nama mereka
masing-masing di papan tulis. Namun ternyata mereka belum bisa benar-benar
membaca, mereka hanya menghafal tulisan nama mereka dan belum bisa membaca suku
kata. Kami pun mengajari mereka ba be bi bo bu, dan suku kata lainnya. Selain
itu kami juga mengajar kan angka dari 1 hingga 20, dan ternyata anak-anak sudah
cukup memahami materi tersebut.
Murid-murid kelas siang |
Salah satu murid maju untuk menulis angka |
Kegiatan pada saat
pulang juga sama dengan kelas pagi. Diawali dengan doa dan nyanyian pulang yang
dipimpin oleh guru pembimbing, kami membarikan tugas mewarnai yang sama seperti
kelas pagi. Namun sebelum pulang, anak-anak kami berikan pertanyaan, misalnya
membaca atau menulis huruf atau angka. Satu-persatu anak-anak menjawab
pertanyaan yang diberikan lalu memberi salam kepada kami dan guru pembimbing,
lalu pulang.
Pertemuan 3 dan 4
Pada hari Rabu, 5
November 2014, saya mengajar di pertemuan saya yang ke 3 dan 4. Pada hari ini
semua anggota kelompok bertugas hadir, karena semua kelas dari shift pagi dan
siang digabung menjadi satu kelas besar. Kegiatan juga dilakukan dalam rangka
perpisahan kami dengan anak-anak PAUD dan juga guru pembimbing, karena hari itu
hari terakhir kami mengajar disana.
Seperti biasa kelas
dimulai dengan doa dan nyanyian yang dipimpin oleh para guru pembimbing.
Setelah itu kami melanjutkan juga dengan menyanyikan beberapa lagu. Seusai
bernyanyi, kami melakukan kegiatan melipat kertas origami menjadi bentuk angsa,
yang dipimpin oleh Moses. Saya, Ricky, Marcel, Anderson, dan Wildan bertugas
untuk membantu anak-anak mengikuti arahan dari Moses. Selagi kami melakukan
kegiatan melipat di dalam kelas, Rudy, Nedy, dan Hansen mempersiapkan
balon-balon yang akan kami berikan di akhir acara. Saya dan anggota lain yang
bertugas mengajar origami pun ikut membantu mempersiapkan balon pada saat anak-anak
istirahat.
Kegiatan origami |
Persiapan balon |
Seusai istirahat,
kegiatan kembali dipimpin oleh guru pembimbing karena belum semua balon siap
diberikan. Ketika semua balon selesai dipersiapkan, kami pun masuk ke dalam
kelas dan membagikan balon-balon tersebut kepada anak-anak. Setelah itu kami
bersama-sama menyanyikan lagu balonku dengan memegang balon-balon tersebut.
Setelah menyanyi, beberapa balon ternyata benar-benar pecah, untungnya tidak
ada anak yang menangis karena balonnya pecah.
Pembagian balon |
Sebelum foto bersama |
Setelah membari balon
yang baru kepada anak yang balonnya pecah, kami berkumpul dan berfoto bersama anak-anak
dan semua guru pembimbing sambil memegang balon kami masing-masing. Meskipun
ruangan agak panas, suasana pada saat kami berfoto bersama terasa menyenangkan.
Setelah berfoto, kami mengucapkan ucapan terima kasih kepada anak-anak dan guru
pembimbing di PAUD Bugenville 3. Anak-anak pun pulang, dan kami berfoto kembali
bersama para guru PAUD Bugenville 3 di teras PAUD.
Foto bersama anak-anak dan guru-guru PAUD Bugenville 3 |
Foto bersama guru-guru PAUD Bugenville 3 |
Harapan
Demikian pengalaman
saya mengajar di PAUD Bugenville 3 bersama kelompok saya. Saya sangat berterima
kasih kepada guru-guru PAUD Bugenville 3
yang menerima kami dengan hangat dan membantu dalam proses kami mengajar selama
3 hari tersebut. Saya berharap PAUD Bugenville 3 dapat semakin berkembang, dan terus mengajar anak-anak agar berkembang menjadi
manusia-manusia yang dapat membanggakan bangsa di masa depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar