Nama : Marcelino Prana Raditya
NIM : 1801377490
Kelas : LB04
PAUD Bougenville I
Pada tanggal 3 November sampai 5 November 2014 kemarin, saya dan teman - teman saya mengajar murid - murid di PAUD Bougenville I. Setiap hari ada 2 shift pelajaran, shift pagi dan siang. Kelompok kami merupakan kelompok gabungan antara kelompok 6 dan 7. Kelompok saya, yang terdiri dari saya, Dennis, Anderson, Ricky, dan Moses, mendapat bagian mengajar pada hari pertama (3 November), lalu pada hari ketiga seluruh anggota kelompok kami mengajar bersama - sama.
Kelas PAUD dibagi menjadi 2, kelas yang pertama bagi anak - anak yang masih baru belajar di PAUD (seperti belajar huruf dan angka), dan yang kedua adalah kelas bagi yang sudah lebih maju materinya. Saya bersama Dennis mengajar kelas pertama, Anderson dan Ricky mengajar kelas kedua, sedangkan Moses bertugas membantu dan foto untuk dokumentasi.
Pertemuan Pertama
Shift Pagi
Sesampainya di PAUD Bugenville 3 hari Senin, 3 November, kami berkenalan dengan guru pembimbing terlebih dahulu selagi murid - murid upacara sebelum masuk. Sebelum kami memulai pelajaran, guru pembimbing memulai dengan doa bersama dan nyanyian yang diikuti murid - murid PAUD, lalu guru pembimbing memperkenalkan kami kepada murid - murid setiap kelas yang kami ajar.
Saya dan Dennis mengajar kelas pertama
Anderson dan Ricky mengajar kelas kedua
Pertama kami mengabsen murid - murid kelas kami, ternyata ada anak yang tidak masuk karena sakit. Lalu kami memulai mengajar anak - anak menghafal huruf vokal. Murid - murid shift pagi cukup pendiam ketika kami coba ajar, mungkin karena kami baru pertama kali ini mengajar mereka. Karena itu, saya dan Dennis mencoba mengajar dalam kelompok kecil. Moses ikut membantu mengajar kelas kami dengan HP-nya, dan ternyata banyak anak - anak yang tertarik dengan HP barunya itu. Setelah beberapa lama kami mengajar menghafal huruf vokal, kami memberi latihan menulis huruf vokal yang sudah kami persiapkan.
Moses mengajar dengan HP-nya
Murid - murid berlatih menulis huruf vokal
Shift Siang
Seperti shift pagi, guru pembimbing memulai dengan doa dan nyanyian bersama pada shift siang. Ternyata murid - murid shift siang lebih sedikit dibanding shift pagi, hanya sekitar setengah dari jumlah murid shift pagi. Tapi murid - murid shift siang tidak sependiam murid - murid shift pagi, dan ketika ditanya ternyata mereka sudah cukup hafal alfabet. Kami mencoba mengetes mereka untuk menulis nama masing - masing di papan tulis, dan mereka sudah bisa walaupun ada yang sedikit salah. Maka, berbeda dengan shift pagi, kami mulai mengajari mereka angka dan suku kata. Untuk angka mereka belajar cukup cepat, tapi mereka masih cukup susah mempelajari suku kata seperti ba, bi, bu, be, bo.
Beberapa murid shift pagi
Murid - murid shift siang
Kembali kami mengajar sekitar 2 jam, dan setengah jam terakhir murid - murid beristirahat. Sebelum mereka pulang kami memberi PR mewarnai gambar yang sudah kami sediakan. Mereka terlihat cukup semangat untuk mengerjakannya. Lalu kami mengetes masing - masing murid untuk menulis huruf dan angka di papan tulis sebelum mereka pamit untuk pulang.
Pertemuan Kedua
Pada hari ketiga, Rabu, 5 November, dalam rangka perpisahan kami dengan PAUD Bugenville 3, Seluruh anggota kelompok kami datang dan seluruh kelas, baik kelas pertama dan kedua maupun shift pagi dan siang, digabung menjadi 1 kelas besar. Seperti biasa guru pembimbing memimpin doa dan nyanyian pembukaan. Kami diberi kesempatan juga untuk memimpin nyanyian bersama, dan kami memilih lagu 'Balonku'.
Pertama kami membagikan kertas - kertas berwarna kepada setiap murid untuk belajar melipat kertas. Moses memimpin di depan dan memberi petunjuk cara membuat origami angsa, sedangkan sisa kelompok kami berkeliling membantu anak - anak. Melipat kertas berlangsung cukup lama karena banyak yang kesulitan mengikuti petunjuk Moses, tapi anak - anak terlihat sangat senang ketika mereka selesai melipat kertasnya menjadi angsa.
Anak - anak melipat kertas |
Selesai melipat kertas, anak - anak beristirahat sebentar. Sementara mereka beristirahat dan bermain, kami semua mempersiapkan balon - balon yang akan diberikan nanti. Mempersiapkan balon memperlukan waktu yang cukup lama, bahkan ketika anak - anak sudah selesai beristirahat pun kami masih belum selesai. Maka untuk sementara guru pembimbing memimpin kembali anak - anak selagi kita menyelesaikan persiapan balon. Setelah kami selesai, kami membagikan 1 balon kepada setiap anak, dan kami bersama - sama menyanyikan 'Balonku' lagi. Ada seorang anak yang balonnya ternyata pecah, tapi karena kami mempersiapkan banyak balon, kami memberikan penggantinya. Seluruh anak kelihatan senang menerima balon dan origami angsa yang dilipat mereka tadi. Sebagai kenang - kenangan, kami foto bersama seluruh anak - anak dan guru pembimbing PAUD Bougenville I. Sebelum anak - anak pulang, kami mengucapkan terima kasih kepada mereka serta guru pembimbing PAUD. Anak - anak kemudian pamit kepada kami masing - masing lalu pulang. Seusainya anak - anak pulang, kami berfoto sekali lagi dengan guru pembimbing PAUD Bougenville I, dan saling berpamitan. Selesailah waktu kami bersama PAUD Bougenville I, dan kami pulang membawa kenang - kenangan yang baik.
Foto bersama seluruh PAUD Bougenville I
Foto bersama guru pembimbing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar